Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung Mendadak

Serangan jantung mendadak sudah sering terjadi di kalangan masyarakat. Kebanyakan orang merasa ketakutan jika mendengar kata serangan jantung, karena kata tersebut cukup mematikan bagi si penderita. Tentunya, semua orang bertanya mengapa terjadi serangan jantung? Ya, betul serangan jantung terjadi karena aliran darah yang mengandung banyak oksigen tidak mengalir secara sempurna ke jantung, dengan kata lain alirah darah yang kaya akan oksigen terhambat mengalir ke jantung sehingga jantung kekurangan oksigen atau bahkan tidak sama sekali mendapat oksigen. Obat jantung koroner terbaik seperti ICP capsule mampu mengatasi saat terjadinya serangan jantung mendadak.

Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung Mendadak

 

Kita harus menjaga kesehatan dengan baik terutama jantung kita agar kita terhindar dari serangan jantung mendadak. Serangan jantung mendadak dapat terjadi pada siapa saja, diri kita sendiri dan orang-orang yang kita sayangi. Oleh karenanya, kita harus menjaga jantung kita supaya tetap sehat, selain itu kita harus perlu mengetahui penyebab serangan jantung mendadak, bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada serangan jantung mendadak. Untuk lebih jelasnya, baca artikel berikut dengan saksama.

Sebab-Sebab Terjadinya Serangan Jantung

Bagi kebanyakan orang, serangan jantung seringkali terjadi secara mendadak atau tiba-tiba. Namun jika diteliti lebih dalam serangan jantung tidak hanya terjadi begitu saja secara tiba-tiba melainkan penyebabnya terjadi dalam hitungan hari bahkan tahunan. Serangan jantung terjadi karena beberapa faktor resiko yang meningkat
pada tubuh manusia. Adapun faktor resiko tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut:
1. Faktor resiko penyebab serangan jantung yang dapat dikontrol oleh manusia, antara lain: mengurangi rokok, mengurangi hal-hal yang dapat memicu tekanan darah tinggi, mengurangi kadal kolesterol yang tinggi, menjaga tubuh agar tidak over weight, mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat dan menambah aktivitas fisik.
2. Faktor resiko penyebab serangan jantung yang tidak dapat dikontrol oleh manusia antara lain: adanya faktor usia manusia (jika usia manusia meningkat resiko serangan jantung mendadak lebih besar), history keluarga artinya jika dari silsilah keluarga ada yang menderita penyakit jantung maka kemungkinan resiko tersebut meningkat serta adanya kondisi yang ditandai kenaikan tekanan darah pada masa kehamilan.

Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung Mendadak
Serangan jantung mendadak dapat terjadi pada siapa saja dan harus ditangani secara cepat karena jika tidak ditangani secepatnya akan berakibat fatal bahkan menyebabkan kematian. Tentunya, Anda tidak ingin kehilangan orang yang Anda sayangi karena serangan jantung mendadak. Berikut adalah tips pertolongan pertama pada serangan jantung mendadak:
1. Hubungi rumah sakit dengan segera dan mintalah pihak rumah sakit untuk membawa Automated External Defibrilator (AED). AED penting karena untuk melakukan tes jantung.
2. Berikan posisi yang nyaman bagi penderita serangan jantung dengan cara memberi arahan kepada si penderita agar duduk dan bersandar pada posisi yang nyaman.
3. Memberikan ruang bernafas pada penderita serangan jantung. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengendorkan pakaian yang dirasa ketat.
4. Sebagai pertolongan pertama, memberikan obat aspirin atau nitrogliserin seperti yang telah diresepkan oleh dokter. Namun, untuk hal ini alangkah baiknya jika ditanyakan terlebih dahulu kepada penderita.
5. Jika penderita serangan jantung belum sadar, maka lakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) dapat juga lakukan Cardiopulmonary Resusctation (CPR). Tapi perlu diketahui RJP tidak diberikan pada semua penderita serangan jantung mendadak. RJP hanya dilakukan ketika si penderita belum sadarkan diri.

Tersebut merupakan pertolongan pertama pada serangan jantung mendadak, mudah bukan? Tapi lebih mudah mencegah daripada mengobati, oleh karenanya jagalah jantung Anda agar terhindar dari serangan jantung mendadak. Semangat hidup sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *